Friday, 12 September 2014

Suzuki Thunder 125


Suzuki Thunder 125 - Kali ini saya berbagi informasi seputar otomotif, khususnya kendaraan bermotor. Suzuki EN-125 atau yang kita sering dengar Suzuki Thunder 125. Sebelumnya kita dengerin ceritanya dulu..




Suzuki Thunder adalah merek sepeda motor Suzuki produksi dari Indomobil Suzuki Indonesia sebuah anak perusahaan Indomobil Sukses Internasional. Sepeda motor yang diluncurkan pada tahun 2005 ini terdiri dari dua kelas, 125 cc dan 250 cc, dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya sepeda motor pria model bugil yang bisa dimodifikasi jadi model balap atau touring di pasar sepeda motor Indonesia. Suzuki Thunder akan bersaing langsung dengan Honda Tiger, Honda Megapro, Yamaha Scorpio, Yamaha Vixion, dan Bajaj Pulsar.


Suzuki Thunder 250 yang di launching pada akhir tahun 1999 dan stop produksi tahun 2005 sebenarnya memiliki performa yang lumayan tangguh. Suzuki Thunder 250 masuk kategori sport touring. Produk yang beredar antara tahun 1999-2002 masih CBU alias didatangkan secara utuh dari jepang. Baru pada lansiran 2003-2005 Suzuki Thunder 250 dirakit di Indonesia (CKD). Untuk teknologi, mungkin masih diatas kompetitor 200cc-an sebelum kehadiran Kawasaki Ninja 250R. Dijejali dengan Twin Swirl Chombustin Chamber (TSCC) yang menyebabkan pengabutan udara dan bahan bakar di ruang bakar berefek putaran kembar sehingga pembakaran makin cepat dan sempurna. Dalam mesin 1 silindernya juga menganut 4 katup/klep (2 isap & 2 buang) sehingga mampu menyemburkan tenaga hingga 20 Hp/dk di kitiran 7500 rpm. Untuk power motor commuter, Suzuki Thunder 250 termasuk dahsyat. Sayang seiring naiknya kurs mata uang ¥en Jepang, mendatangkan Suzuki Thunder 250 dalam bentuk terurai (CKD) sekalipun semakin tidak efisien mengingat pasarnya juga segmented. PT. IMNI selaku ATPM Suzuki R2 memutuskan untuk tak lagi mempertahankannya. Berbeda dengan saudaranya, Suzuki Thunder 125 cc adalah yang paling populer di Indonesia. Museum Rekor Indonesia mencatat bahwa pada 17-19 Agustus 2007 Suzuki Thunder telah memecahkan rekor parkiran sepeda motor sejenis terpanjang di Indonesia, dalam acara Jambore Nasional Suzuki Thunder Pertama, yang dihadiri oleh ribuan Thunder dari sekitar 150 klub di Seluruh Indonesia yang berada dalam asosiasi Suzuki Thunder Indonesia dibawah naungan IndoMobil Suzuki Indonesia.
Kalau dari sejarahnya, Suzuki Thunder 125 sudah ada di indonesia sejak tahun 2004. Pada tahun itulah generasi pertama Suzuki Thunder 125. Berbeda dengan Suzuki Thunder yang generasi sekarang ini, generasi thunder awal tidak memiliki engkol atau yang biasa kita sebut kick starter. Sejak produksi 2006 keatas Suzuki Thunder sudah ada engkol. Suzuki Thunder 125 dari tahun 2004 masih di produksi hingga saat ini. Dari pabrikan Suzuki belum berencana menghentikan produksi Thunder 125. Padahal bukan rahasia lagi jika motor ini tidak berkutik melawan gempuran motor batangan dari Honda, Yamaha dan Kawasaki. Entahlah, apa pertimbangan Suzuki tetap mempertahankan motor ini.

Berikut spesifikasi Suzuki Thunder 125


CHASIS & DIMENSI
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Suspensi Ganda
Rem Depan Cakram hidrolis
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/90 -18 M/C 45P
Ban Belakang 90/90 -18 M/C 51P
Panjang x Lebar x Tinggi 1.970 mm x 745 mm x 1.045 mm
Jarak Poros Roda 1.270 mm
Jarak ke Tanah 165 mm
Berat 130 kg
Kapasitas Bensin 15 Liter
ENGINE
Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC
Diameter x Langkah 57.0 mm x 48.8 mm
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 11,2 PS / 9.000 rpm
Torsi Maksimum 9,4 N.m / 7.500 rpm
Perbandingan Kompresi 10,5 : 1
Tipe kopling Manual
Sistem Pelumasan Basah
Sistem Starter Electric starter & kick starter
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Kapasitas Oli 1 Liter
Sistem Bahan Bakar Karburator
Tipe Transmisi Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
ELECTRICITY
Battery / Aki
Sistem Pengapian DC – CDI
Tipe Busi

No comments:

Post a Comment

Share it!

>

Baca lagi

adsense